Menggunakan Domain CO.CC untuk Google Apps

Bagi teman2 yg sudah memiliki alamat domain dan ingin membuat alamat email dgn alamat domain sendiri...tidak perlu bingung lagi karena google telah menydiakan fasilitas Google Apps...dimana dgn fasilitas google ini kita bisa membuat alamat email dengan nama domain kita sendiri seperti contoh alamat email : ogah_koko@closedepacoel.co.cc

Dan bagi teman2 yg blm memiliki alamat domain kalian juga tidak perlu bingung2 memikirkan cara mendapatkan alamat domain gratis..karna saya pun menggunakan alamat domain gratis dari "CO.CC" bagi yg ingin membuat domain gratis silahkan daftar disini...dan bagi teman2 yg mash bingung bagaima cara membikinnya saya sudah pernah mempostingnya silahkan teman2 untuk mendownload artikel lengkapnya disini dan bagi teman2 yg sudah memiliki alamat domain dan ingin membikin alamat email dgn domain sendiri silhkan daftar di sini.

Untuk proses selanjutnya bagaimana cara pendaftarannya silahkan kalian simak tutorial berikut ini....:
cocc08 setelah teman2 membuka link daftar email di atas dan terbuka jendelah browser baru seperti gambar di samping dan masuk ke halaman pendaftaran account standar Google Apps.Pada halaman tersebut klik pada pilihan Administrator: I own or control this domain, selanjutnya masukkan nama domain .co.cc yang sebelumnya didaftarkan dilanjutkan klik tombol Get Started.

cocc09 Pada halaman berikutnya, masukkan semua informasi yang diminta seperti nama, alamat email, telepon, termasuk juga di sini adalah jumlah pengguna yang akan memanfaatkan account Google Apps untuk nama domain yang didaftarkan (Number of users). Masukkan jumlah secukupnya untuk keperluan Anda. Untuk keperluan pembuatan alamat email untuk setiap anggota komunitas misalnya, mungkin Anda dapat memasukkan jumlah yang banyak, tapi jika hanya sekedar keperluan pribadi, jumlah 10 mungkin sudah cukup. Saya sendiri tidak tahu apakah saat ini Goolgle menerapkan pembatasan jumlah user seperti awal Google Apps atau tidak. Ketika mendaftarkan namague.co.cc yang saya jadikan contoh di sini, saya memasukkan jumlah 500 (beda dengan yang tercantum pada layar) dan jumlah tersebut langsung dikabulkan. Setelah semua informasi yang diperlukan telah diinput, klik tombol Continue.

cocc10 Selanjutnya adalah pembuatan account Administrator untuk domain yang didaftarkan tersebut. Di sini kita memasukkan username dan password untuk account administrator tersebut. Account administrator ini nantinya akan digunakan untuk keperluan pengaturan segala layanan Google Apps terkait domain yang didaftarkan termasuk yang berhak untuk menambahkan user-user lain. Di sini juga akan ditampilkan Terms and Conditions yang harus disetujui jika ingin menggunakan layanan Google Apps. Selanjutnya klik tombol I accept. Continue with set up.

Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Dashboard Google Apps untuk domain Anda. Untuk selanjutnya halaman ini dapat Anda akses melalui alamat https://www.google.com/a/ misalnya untuk domain closedepacoel.co.cc menjadi https://www.google.com/a/closedepacoel.co.cc. Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan set up, dan yang pertama adalah melakukan verifikasi kepemilikan domain. cocc11 Untuk itu, klik pada link Verify domain ownership seperti nampak pada gambar di atas.

cocc12 Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman verifikasi kepemilikan domain. Ada dua metode yang dapat dipilih, tapi untuk keperluan penggunaan dengan domain Co.cc, di sini kita memilih cara Change your CNAME record. Di sini Anda diberikan petunjuk bagaimana untuk melakukan verifikasi dengan metode tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah nama CNAME yang harus dibuat seperti pada point 2 yang saya seleksi seperti yang nampak pada ganbar di atas. Untuk memudahkan langkah selanjutnya, Anda seleksi nama CNAME tersebut dan copy.

cocc13Dengan membiarkan halaman setup Google Apps tetap terbuka dan tanpa mengklik tombol Verify terlebih dahulu, Anda kembali ke halaman setup domain Co.cc yang sebelumnya Anda tinggalkan dalam keadaan terbuka untuk membuat CNAME record. Untuk penggunaan ini kita klik pilihan 2 yaitu Zone Records. Selanjutnya anda paste nama CNAME yang harus dibuat yang sebelumnya Anda copy dari petunjuk di halaman Google Apps pada isian Host diikuti nama domain co.cc. Untuk domain closedepacoel.co.cc misalnya yang dimasukkan adalah googleb03d2b040199e393.closedepacoel.co.cc. Untuk Type/Pri pilih CNAME, dan untuk Value masukkan google.com. Selanjutnya klik tombol Add Record.

cocc14bKembali ke halaman setup di Google Apps, sekarang Anda dapat klik tombol Verify. Selanjutnya Anda akan kembali ke halaman Dashboard dan mendapat informasi bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan ini dapat memakan waktu sampai 48 jam. Berdasarkan pengalaman saya, waktu yang diperlukan tidak selama itu. Sambil menunggu, kita lanjutkan langkah yang dapat dilakukan berikutnya yaitu aktivasi email dengan mengklik link Activate email pada bagian Service setting di Dashboard.

cocc15Pada halaman berikutnya, Anda akan diberikan petunjuk untuk membuat MX record untuk domain tersebut yang dapat dilakukan pada pengaturan domain yang dimiliki, dalam hal ini ada di Co.cc. Di sini diberikan tabel berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan sebagai MX record. Harus diperhatikan bahwa urutan prioritas di sini sudah diatur oleh Google, dan kita tidak diperkenankan mengubah urutan prioritas antar server. Jika harus mengubah nilai ini, maka harus tetap menjaga urutan prioritas yang diberikan.

Sebelum mengklik tombol yang ada, langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman pengaturan domain Co.cc.cocc16 Pada halaman pengaturan domain, kita akan menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google di atas. Untuk masing-masing record caranya sama. Untuk Host, masukan nama domain Anda, misalnya closedepacoel.co.cc. Untuk Type/Pri pilih MX dan Priority diisi sesuai yang diberikan Google di atas, misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM. Kemudian klik tombol Add Record. Lakukan hal yang sama untuk record-record yang lain sampai selesai.

Jika sudah, kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol I have completed these steps dan Anda akan dibawa kembali ke Dashboard Google Apps. cocc18 Selanjutnya, pada Dasboard bagian Service settings, klik pada link Email. Pada halaman berikutnya, klik link Change URL. Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih untuk mengubah alamat akses email yang mungkin akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. Di sini misalnya untuk domain closedepacoel.co.cc dibuatkan alamat akses http://mail.closedepacoel.co.cc. Jika tidak dibuatkan, maka alamat untuk mengakses hanya http://mail.google.com/a/closedepacoel.co.cc. Jika sudah, klik Continue.

Selanjutnya, Anda akan mendapati petunjuk untuk menambahkan CNAME record untuk pengalamatan akses email tersebut. Perhatikan pada point ke-3 dan ke-4.

Selanjutnya Anda kembali ke pengaturan domain Co.cc untuk menambahkan CNAME record ini dengan cara yang sama ketika menambahkan CNAME record pada saat verifikasi kepemilikan domain.

cocc19Di halaman pengaturan domain co.cc, masukkan alamat akses email pada bagian Host, misalnya mail.closedepacoel.co.cc. Pada Type/Pri pilih CNAME dan untuk Value masukkan apa yang diberikan Google pada point ke-4 di atas, misalnya ghs.google.com. Selanjutnya klik Add record. Kembali ke halaman Google Apps, klik tombol I’ve completed these steps. Hal yang sama dapat diterapkan pula untuk mengubah alamat layanan lain yang diberikan Google Apps.

cocc21Ketika kembali ke Dashboard, Anda perhatikan status masing-masing service yang Ada terutama Email. Kemungkinan pada saat ini statusnya masih Updating.. Diperlukan waktu untuk proses ini. Meskipu tertulis sekitar 1 jam, tapi bisa saja lebih dari itu. Jika Anda menggunakan jasa warnet dan tidak ada keperluan lain, sebaiknya tinggalkan dulu termasuk halaman pengaturan domain Co.cc, karena langkah-langkah setup sudah selesai, tinggal menunggu saat dapat digunakan.

Ketika proses selesai, Anda dapat mencobanya dengan mengakses http://mail., dan jika sudah bisa, dapat dipastikan Anda sudah dapat menggunakannya.
cocc22

Anda dapat memastikan dengan mencobanya untuk mengirim email ke alamat lain dan sebaliknya, atau juga untuk menggunakan Google talk atau Google Chat atau layanan lainnya. Tambahkan juga teman-teman atau anggota keluarga lain yang akan dimasukkan sebagai user untuk domain tersebut.

Selamat mencoba, semoga berasil bagi teman2 yang ingin mencobanya...dan terimakasih buat narasumber yg sudah berbagi ilmu dan knowledgenya pada kita2 yg mash awam...thnak...

Artikel Terkait



No comments:

Google
Home | About Me | Yahoo | Ilmu Komputer | Download MP3 | Best Download